Kompetisi Gak Slalu Harus Menang

24 Desember 2010 at 14:28 (Tak Berkategori)

Siapa sih yg nggak mau menang dlm sebuah pertandingan? memang tujuannya bertanding Cuma untuk menang, Cuma ingin meraih predikat terbaik. hanya saja itu bukan satu-satunya tujuan kan? klo kita Cuma berfikir tentang kemenangan dan kemenangan, bisa2 yg kita dapatkan bukannya piala tapi malah trauma. sebab ambisi yg kelewat besar bisa jadi bomerang dan juga bisa menjerumuskan. jadi, mulailah untuk melihat pertandingan dari sisi yg berbeda, diantaranya;

Permainan; kompetisi apapun jenisnya adalah bentuk lain dari sebuah permainan. namanya jg permainan pasti donk nggak luput dari unsur hura2 dan keceriaan sendiri. nah klo kita terobsesi untuk menang gimana bisa menikmati permainan itu. dan klo nggak bisa menikmati buat apalagi berada didalamnya. biasanya klo nggak bisa lagi menimati pertandingan seseorang cenderung sulit menguasai keadaan dan mengontrol dirinya sendiri, klo sudah begitu gimana bisa meraih kemenangan? belum lagi klo sampai terobsesi, yg ada Cuma menghalalkan segala cara, ya apa lagi klo bukan menjegal atau menjatuhkan lawan. bukankah seninya bertanding adalah disaat kita bermain secara fair?

Belajar; Anggap aja semua pertandingan yg kamu ikuti tidak lebih dari ajang latihan, dengan begitu kamu akan merasa enjoy menjalaninya. juga anggap aja pertandingan ini tak lain sebagai ajang uji coba strategi yg telah kamu susun, apakah jitu atau tidak. disini kamu bisa mencari kelebihan dan kekurangannya. bukankah tak ada cara untuk menjadi yg terbaik selain belajar? oya selain itu pertandingan ini sekaligus kamu bisa belajar mendewasakan diri dengan menerima apapun yg bakal terjadi dengan lapang dada.

Ukur diri; pertandingan itu ibarat barometer yg mengukur seberapa jauh kemampuan yg kamu miliki, seberapa besar potensi yg kamu punya dan berapa banyak potensi itu sudah tergali. makanya jgn lupa untuk selalu mencatatnya dalam ingatan. dengan begitu kamu akan mendapatkan referensi yg paling akurat tentang keadaan kamu yg sebenarnya, misal seberapa jauh perkembangan kamu selama ini. ingat, jgn bertindak sebelum kamu mengukurnya terlebih dahulu.

Piala bukan segalanya; carilah motivasi lain mengikuti pertandingan selain kemenangan, misal buat cari pengalaman, cari teman? yg terpenting jgn mencari musuh sekalipun yg kamu hadapi adalah pesaing terberatmu atau juga jgn Cuma mendapatkan gelar juara dan bawa pulang piala. klo koleksi piala mendingan beli aja sendiri, nggak usah bertanding nggak usah ikutan kompetisi. bisa2 menang nggak malah jadi depresi lagi. jadi piala bukanlah segalanya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: